Minggu, 15 Januari 2012


KOMPONEN-KOMPONEN PUBLIC RELATIONS

  • COUNSELING, memberikan nasehat dan pertimbangan yang sesuai dengan kebijaksanaan management, mengadakan hubungan-hubungan dan komunikasi.
  • RESEARCH, menentukan sikap dan perilaku publik ke dalam setiap perencanaan strategi PR, yang saling menguntungkan , memberikan pengaruh secara persuasif kepada publik.
  • MEDIA RELATIONS, berkerja sama dengan media dalam kegiatan Publicity atau responding kepentingan organisasi.
  • PUBLICITY, menetapkan/merencanakan pesan dan menyeleksi media yang sesuai dengan kepentingan organisasi.
  • EMPLOYEE/ MEMBER RELATIONS, menetapkan bentuk respon, informasi dan motivasi karyawan/anggota organisasi.
  • COMMUNITY RELATIONS, merencanakan kegiatan yang saling menguntungkan.
  • PUBLIC AFFAIRS, mengembangkan secara efektif keterlibatan publik dalam setiap kegiatan dan membentu organisasi agar dapat beradaptasi sesuai dengan harapan-harapan publik. Membentuk perwakilan pemerintah maupun badan hukum lainnya yang dapat menggambarkan aktivitas PR dan dapat melindungi berbagai aktivitas publik.
  • GOVERMENT AFFAIRS, berhubungan secara langsung dengan DPR dan perwakilan hukum atas nama organisasi, melakukan lobbying & negosiasi.
  •   ISSUES MANAGEMENT, mengindentifikasikan dan mencatat permasalahan publik sebagai akibat dari kebijakan organisasi.
  • FINANCIAL RELATIONS, menciptakan dan memelihara investor dan mengembangkan hubungan baik dengan pihak keuangan (bank, pemodal dll)
  • INDUSTRY RELATIONS, hubungan antara perusahaan, industri dan organisasi dengan assosiasi perdagangan.
  • DEVELOPMENT/ FUN-RAISING, menunjukkan kebutuhan dan semangat publik terhadap organisasi dan kontribusinya dalam masalah keuangan,
  •  MINORITY RELATIONS/MULTICULTURAL AFFAIRS, hubungan antara individu-individu dan kelompok-kelompok minoritas maupun budaya.
  • SPECIAL EVENTS, mensimulasikan kepentingan perorangan, produk atau organaisasi melalui kegiatan “khusus” juga mendisain kegiatan yang menjalin interaksi dengan publik.
  • MARKETING COMMUNICATION, kombinasi dari berbagai aktivitas yang didesain untuk menjual produk, jasa, idea, termasuk advertising, collateral materials,publicity, promotion, directmail, trade shows & special events.

Disamping itu menurut Eric Yaverbaum, Ilise Benun, dan Robert W. Bly dalam tulisannya Uncovering the Many Components of Public Relations menyebutkan komponen public relation antara lain :

  • Research/Penelitian: Anda harus benar-benar memahami tidak hanya perusahaan Anda, tetapi juga pelanggan Anda dan pelanggan potensial. Apa yang Anda tawarkan yang unik atau khusus? Apa yang pelanggan cari? Dan seberapa baik Anda memenuhi kebutuhan tersebut? Riset pasar dan audit internal perusahaan adalah titik awal dari kampanye PR yang sukses.
  • Strategy Planning/Perencanaan strategis: Definisikan setiap audiens target, sasaran pemasaran Anda untuk grup itu, dan pesan yang Anda harus berkomunikasi dalam mendukung tujuan-tujuan pemasaran.
  • Publicity/Publisitas: Untuk kebanyakan bisnis kecil, pusat kegiatan hubungan masyarakat adalah publikasi - mendapatkan visibilitas untuk produk Anda, perusahaan, dan pemilik di media cetak dan penyiaran. Anda dapat menganggap publisitas sebagai manajemen dan penempatan informasi di media untuk tujuan melindungi dan meningkatkan merek atau reputasi. Sederhananya, ini berarti mendapatkan tinta dan airtime.
  • Community Relation/Hubungan masyarakat: Anda mungkin melihat contoh setiap hari. Berikut ini salah satu contoh kasus : warga lokal protes atas dibuka ritel besar yang ingin membangun sebuah toko di kota mereka. Masalah hubungan masyarakat di kota itu berkaitan dengan pekerjaan profesional PR adalah untuk menemukan solusi yang menguntungkan yang akan mendapatkan toko dibangun sambil mempertahankan goodwill toko dengan warga.
  • Government relation /Hubungan dengan Pemerintah : hubungan masyarakat sering melibatkan hubungan dengan pemerintah daerah, dan PR orang sering dipanggil untuk membantu perusahaan meningkatkan hubungan mereka dengan lokal, negara bagian, federal, dan bahkan pemerintah asing.
  • Internal relation/Hubungan internal: Karyawan adalah audiens internal. Meningkatkan  hubungan kerja program dapat membantu meningkatkan loyalitas dan mempertahankan karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan .
  • Investor relation/Hubungan investor: Warga Masyarakat telah melihat bagaimana emosi dan persepsi publik memiliki kekuatan untuk mengirim harga saham melonjak atau jatuh. Hubungan investor adalah aspek PR yang mengkomunikasikan produk  perusahaan untuk analis saham dan profesional keuangan lainnya.
  • Stakeholder relation/Hubungan pemangku kepentingan: pemangku kepentingan adalah setiap orang atau organisasi yang memegang saham dalam perusahaan. Sebuah vendor utama adalah stakeholder, desas-desus bahwa Anda secara finansial goyah dapat menyebabkan mereka untuk membatasi persyaratan kredit Anda. Pemangku kepentingan lainnya termasuk konsultan , anggota dewan, bank , pemasok, perwakilan penjualan, distributor, dan guru industri.
  • Charitable causes/Amal: Ketika sebuah perusahaan memberikan bantuan untuk amal, ia ingin diakui untuk kontribusinya. Spesialis PR dapat membantu Anda mendapatkan publisitas maksimum dan niat baik dari waktu, tenaga, dan dana Anda dalam menyumbangkan sesuatu bagi organisasi lain.
  • Communication Training/Komunikasi pelatihan: Pada perusahaan besar, PR spesialis mungkin menghabiskan banyak waktu pembinaan eksekutif senior dimana  dia sering  berurusan dengan media dan keterampilan komunikasi lainnya.
Disamping itu ada aspek lain yang dapat ditambahkan seperti (scribd.com) :
  • Counseling: Providing advice to managementconcerning policies, relationships and communications
  • Research: Determining attitudes and behaviorsof publics in order to plan public relationsstrategies
  • Media Relations: Working with mass media inseeking publicity or responding to their interestsin the organization.
  • Publicity: Disseminating planned messagesthrough selected media to further theorganization’s interests.
  • Employee/member relations: Responding toconcerns, informing, and motivating anorganization’s employees or members.
  • Community Relations: Planned activity with acommunity to maintain an environment that benefits both the organization and thecommunity
  • Public Affairs: Developing effective involvementin public policy and helping an organizationadapt to public expectations. The term is alsoused by government agencies to describemultiple public relations activities.
  • Government Affairs: Relating directly withlegislatures and regulatory agencies on behalf of the organization. Lobbying can also be part of agovernment affairs program
  • Issues management: Identifying and addressingissues of public concern that affect theorganization.
  • Financial relations: Creating and maintaininginvestor confidence and building goodrelationships with the financial community. Alsoknown as investor relations or shareholder relations
  • Industry relations: Relating with other firms in theindustry of an organization and with tradeassociations
  • Development/fund-raising: Demonstrating theneed for and encouraging the public to supportan organization, primarily through financialcontributions.
  • Multicultural relations/workplace diversity:Relating with individuals and groups in variouscultural groups
  • Special events: Stimulating interest in a person,product or organization by means of a well-planned event, also activities designed to interactwith publics and listen to them.
  • Marketing Communication: Combination of activities designed to sell a product, service, or idea, including advertising, collateral materials,publicity, promotion, direct mail, trade shows andspecial events
Dan menurut sumber lain disebutkan ada beberpa komponen Public relation seperti dijelaskan berikut ini (socialrealist.com) :

  • Problem /Opportunity -  the problem facing the organization (such as no awareness of a non-profit organization and what they do) or an opportunity to reach the public in a new way
  • Situational Analysisdescribe the situation (problem or opportunity) in detail
  • Goal what is your primary goal? It should be broad, and probably not easy to quantify (i.e. “to raise public awareness of XYZ Organization”)
  • Audience who are your key publics? who do you want your message to reach?
  • Message -what is the message you want your PR campaign to get across to the public?
  • Objectives -objectives will be more specific than your primary goal, and should be quantifiable and measureable (i.e. Attract 100,000 new donors over the course of 6 months)
  • Strategies – how will you meet your objectives in a general sense? (i.e. Involve a local celebrity who has a tie to your cause.)
  • Tactics – what specific things will you do during your PR campaign to reach your objectives and goals, which will fall within your strategies? (i.e. Host an event, send press releases, hold a speech / lecture, release a radio public service announcement, etc.)
  • Media List – a list of relevant media contacts you’ll use in your campaign
  • Calendar / Timeline / Gantt Plan – Your schedule for the course of your PR campaign
  • Budget – Include an overall budget estimate, as well as a breakdown of where that budget will be spent on your PR efforts
  • Evaluation – how do you plan to evaluate the whether or not your plan will be successful? How will you measure results to ensure you’ve met your objectives?
Dari penjelasan tersebut diatas tetang komponen public relation ada banyak versi tetapi ada juga mempunyai variable yang sama dan ada juga yang berbeda.
Sumber :
  1. http://blogs.unpad.ac.id
  2. http://www.dummies.com 
  3. http ://www.scribd.com/doc/3472251/
  4. http://socialrealistic.com/digit;-pr 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar